Location
Home > Info Kawasan > IPI Luncurkan Rumah Pangan dan Wadah Pengembangan Pesantren

IPI Luncurkan Rumah Pangan dan Wadah Pengembangan Pesantren

BOGOR, INDUSTRIAMAGZ – Ikatan Pesantren Indonesia ( IPI ) mengumumkan telah membentuk dan meluncurkan Badan Otonom berupa Yayasan Peningkatan Pengembangan Pesantren Ikatan Pesantren Indonesia (YP3IPI) pada Rabu, 27 Maret 2019 lalu di Bogor. Pada kesempatan tersebut sekaligus diluncurkan program Rumah Pangan Kita (RPK ) berupa Outlet Grosir Pangan yang ditangani oleh DPC IPI Kota Bogor  dan perkenalkan program SANTRENOMIC 4.0.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Umum DPP IPI KH. Zaini Ahmad atau biasa disapa dengan Gus Zaini dan beberapa pengurus teras DPP, serta Ketua DPW IPI JABAR K.HM. Abdurrozzaq L Muftiy, MA dan Asep Saepudin Muhajir, S,HI selaku Sekretaris DPW IPI JABAR.

Ketua Umum DPP IPI KH. Zaini Ahmad atau biasa disapa dengan Gus Zaini mengatakan bahwa YP3IPI adalah wadah untuk menjalankan program IPI di Bidang Peningkatan Pengembangan Pesantren Indonesia dan juga Teknologi Informasi( P3I & TI ).

“Program-program tersebut dimaksudkan untuk menggerakkan perekonomian komunitas pesantren diberbagai bidang meliputi pangan, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, teknologi informasi dan juga bidang keuangan berbasis syariah,” kata Gus Zaini.

Gus Zaini menambahkan, sebagai langkah kongkrit di bidang pangan, diantaranya akan dibentuk ribuan outlet grosir pangan di seluruh Indonesia yang dikelola oleh DPW dan DPC IPI.

Pada kesempatan yang sama Ketua DPW IPI JABAR KH. Abdurrozzaq sangat mendukung terealisasinya wadah akselerasi program-program IPI.

“DPW IPI Jawa Barat sangat mendukung percepatan terealisasinya program-program IPI di bidang kemandirian ekonomi seperti lembaga yang diluncurkan sekarang,” ungkap Abdurrozzaq.

Abdurrozzaq menambahkan bahwa DPW IPI JABAR pun telah menyiapkan program bidang peningkatan kualitas lembaga-lembaga pendidikan yang dikelola pesantren. Dirinya berharap seluruh DPC-DPC IPI di Jawa Barat untuk bersinergi menggalang kemandirian ekonomi dan kualitas lembaga pendidikan pesantren.

Secara terpisah, Sekretaris DPW IPI JABAR, Asep SM menuturkan bahwa positioning IPI sebagai organisasi kepesantrenan berorientasi pada pemberdayaan ekonomi pesantren di berbagai lini adalah hal yang sudah tepat.

“Jaringan puluhan ribu pesantren merupakan kekuatan yang dapat membentuk magnitude ekonomi yang sangat dahsyat. Sudah saatnya pesantren bangkit dan menyadari kekuatannya untuk menjadi lokomotif pemberdayaan bagi pesantren dan umat di bidang ekonomi,” pungkas Asep.

 

IPI Jabar Gelar Silaturahmi Ulama dan Pelantikan Pengurus

 

Top