Location
Home > News > Inalum: HoA Bagian Terberat Divestasi Saham Freeport

Inalum: HoA Bagian Terberat Divestasi Saham Freeport

Tambang Freeport di Papua.

JAKARTA, INDUSTRIAMAGZ – Heads of Agreement (HoA) yang ditandatangani PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum), Freeport McMoran Inc, dan Rio Tinto pada 12 Juli lalu merupakan bagian terberat dari proses divestasi 51 persen saham Freeport.

“HoA ini secercah harapan yang kemudian memberikan harapan karena bagian atau komponen terberat dalam divestasi ini itu sudah terselesaiakan yaitu, harga dan struktur transaksi,” kata Head of Corporate Communication and Government Relations Inalum, Rendi Witular dalam diskusi di Kementerian Kominfo Jakarta, Senin (23/07).

HoA berisi pokok-pokok kesepakatan yang selanjutnya dituangkan dalam perjanjian yang lebih rinci, yakni Sales Purchase Agreement (SPA), Shareholder Agreement (SHA), dan Exchange Agreement.

Salah satu dari tiga kesepakatan itu berisi kesepakatan Inalum akan membeli saham Freeport sebesar 3,85 miliar dolar AS, dengan rincian 3,5 miliar dolar untuk pembayaran hak partisipasi Rio Tinto di Freeport dan sisanya 350 juta dolar Amerika Serikat untuk membeli saham Indocooper di Freeport.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Bambang Aryono, menyampaikan HoA juga menjadi bagian dari proses divestasi dengan tidak mengesampingkan kewajiban lain yang harus dipenuhi PTFI, yakni pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter).

“Smelter kalau tidak dibangun sampai tahun 2022, dia tidak akan bisa beroperasi juga,” katanya.

Top