Location
Home > Bisnis View > Manajemen > Lewat Email, Elon Musk Ajak Pegawai Tesla Dobrak Cara Komunikasi

Lewat Email, Elon Musk Ajak Pegawai Tesla Dobrak Cara Komunikasi

Elon Musk

JAKARTA, INDUSTRIAMAGZ – Bos perusahaan mobil ternama Tesla, Elon Musk, beberapa tahun lalu pernah mengirim surat elektronik (surel) ke para karyawannya. Surat itu kontan membuat heboh, karena dianggap berisi kalimat brilian yang filosofis. Kendati tak bisa dipungkiri, banyak hal yang lebih mudah diucapkan ketimbang dilakukan.

Salah satu contohnya adalah saat Musk menjelaskan soal masalah komunikasi di Tesla, baik itu soal bagaimana sebuah informasi disampaikan, maupun tentang cara membuat banyak hal berbeda di perusahaan mereka. Berikut tuturan Musk dalam emailnya pada para pegawai.

Ada dua pemikiran soal bagaimana informasi sebaiknya mengalir di sebuah perusahaan. Sejauh ini, cara yang paling umum adalah rantai perintah, yang berarti Anda mesti berkomunikasi melalui manajer. Persoalan dari pendekatan ini adalah, pola itu bisa menguatkan posisi manajer, tapi tak bisa bermanfaat untuk perusahaan.

Alih-alih masalah bisa terselesaikan cepat, yang terjadi justru sebaliknya. Sebenarnya, bisa saja seorang pegawai di sebuah divisi bicara langsung ke pegawai divisi lainnya. Dibanding seorang pegawai mesti menyampaikan ke manajernya, kemudian si manajer bicara ke manajer divisi lain, untuk menyampaikan pesan ke pegawainya. Sungguh, cara ini terlihat bodoh.

Bila ada manajer yang mengikuti cara bertele-tele, biarkan dia. Sebab nanti dia akan bekerja untuk perusahaan lain, bukan di sini. Dan apa yang saya katakana ini, bukan lelucon.

Siapa pun di Tesla bisa bicara dan mengirim email ke orang lain bila itu dipandang sebagai cara tercepat komunikasi. Apalagi jika dengan begitu masalah terselesaikan cepat, dan memberi dampak positif bagi perusahaan. Bahkan karyawan juga boleh bicara ke atasan manajernya, bos divisi lain, ke saya, dan siapa saja tanpa izin orang lain.

Intinya, apa yang saya sampaikan bukan bualan random, tapi bagaimana kita mesti memastikan segalanya berjalan cepat. Kita memang tidak bisa bersaing dengan perusahaan mobil lainnya dalam hal kapasitas produksi, tapi kita mesti unggul dalam hal kecerdasan dan kelincahan.

Manajer juga mestinya bekerja keras untuk meyakinkan bahwa mereka tidak merasa bahwa perusahaan melawan mereka. Tidak. Karena apa yang saya sampaikan ini adalah hal yang alamiah dan memang harus diperjuangkan secara aktif. Kita ada di perahu yang sama bernama Tesla. Jadi, teruslah berpikir hal yang lebih besar. Kerja keraslah untuk perusahaan, bukan untuk divisi Anda saja.

Terima kasih,
Elon.

Surel Elon Musk di atas memang penuh semangat. Namun memang, banyak yang menganggap ide itu susah direalisasikan di banyak perusahaan. Bagaimana menurut Anda?

TRIVIA | INC

Baca juga:
Gaya Kepemimpinan Berani Elon Musk

Top