Location
Home > Bisnis View > Manajemen > Dibanding Bos yang Cool, Karyawan Lebih Segan Pada Tipe Pemimpin Ini

Dibanding Bos yang Cool, Karyawan Lebih Segan Pada Tipe Pemimpin Ini

JAKARTA, INDUSTRIAMAGZ – Tak selamanya menjalin pertemanan dengan banyak orang di perusahaan menjamin Anda memenangkan politik kantor. Padahal kita tak bisa memungkiri, banyak pemimpin memilih untuk berteman dengan anak buahnya. Itu karena ia ingin dipandang sebagai bos yang keren dan ingin menciptakan suasana kerja yang asyik.

Padahal, hubungan yang terlalu dekat dengan anak buah bisa berdampak negatif. Saat merasa kinerja anak buah sedang kurang prima, misalnya, Anda akan merasa tak enak hati untuk menegurnya karena enggan menyakiti perasaan “kawan”. Akibatnya? Anda bakal dijadikan bahan pergunjingan di belakang, dan akhirnya justru tak ada yang merasa nyaman di kantor. Itulah mengapa Anda bakal gagal menjadi pemimpin bila sejak awal memposisikan diri sebagai kawan anak buah Anda.

Di banyak kasus, karyawan justru tak mau bos menjadi kawan baik mereka. Karyawan justru membutuhkan manajer yang bisa mendukung kesuksesan dan membantu mereka meraih tujuan karir. Bos yang keren justru adalah mereka yang menghormati karyawannya, memberi umpan balik yang jujur dan berfaedah, serta memperlakukan anak buahnya dengan setara.

Berikut empat taktik yang bisa Anda lakukan sebagai pemimpin yang keren:

1) Bangun jarak sejak awal
Banyak waktu kita dalam sehari habis di ruang kerja, karenanya secara alamiah kita pun membangun hubungan dengan kolega di kantor. Namun, bila hubungan pertemanan antarkaryawan selevel bisa meningkatkan kedekatan relasional, koneksi serupa antara karyawan dengan bos justru membawa konsekuensi kurang baik. Itulah sebabnya pemimpin harus membuat jarak tertentu dengan timnya. Memang, bos yang kasual dan mudah bergaul itu menyenangkan. Tapi di sisi lain, perkataan dan himbauannya bisa dianggap gurauan belaka oleh karyawannya.

2) Jangan pilih kasih
Sebagai manajer, Anda boleh saja melebur di kerumunan karyawan. Namun ingat, jangan sampai terlalu dekat dengan karyawan tertentu sehingga membuat yang lain merasa tidak dihargai. Perlakukan karyawan Anda dengan adil, bersikaplah objektif, sehingga mereka akan menilai Anda sebagai sosok pemimpin yang bisa diandalkan untuk menyelesaikan segala masalah yang muncul.

3) Dukung mimpi karyawan
Bos yang keren adalah yang bisa memberi kepercayaan dan otonomi pada anak buahnya. Tetapi, kepercayaan di sini diiringi dengan tanggung jawab untuk menyelesaikan sejumlah tujuan perusahaan. Pekerja tidak butuh bos yang tak tau apa yang harus diperbuat, melainkan bos yang bisa memberi dukungan dan saran. Faktanya, manajer yang membantu karyawannya untuk mendapatkan tujuannya, akan memiliki tim yang produktif dan kreatif. Ada baiknya untuk itu bos menggelar diskusi sepekan sekali untuk membahas proyek yang sedang berlangsung, termasuk hambatan dan perkembangannya.

4) Respek pada karyawan
Dibanding menjadi kawan semua orang di perusahaan, lebih keren bila bos menjadi sosok yang dihargai karyawannya. Apalagi dengan demikian karyawan jadi punya panutan dalam pekerjaan. Walau menjalin pertemanan dengan banyak orang tak buruk, sebaiknya Anda berhati-hati dengan itu. Buatlah hubungan yang seimbang dengan karyawan, demi keberlangsungan perusahaan.

TRIVIA | INC.COM

Baca juga:
Mesti Lakukan 12 Hal Ini untuk Menjadi Pemimpin Hebat

Top