Location
Home > Advertorial > Strategi Jababeka Golf & Country Club Pertahankan Pengunjung Setianya

Strategi Jababeka Golf & Country Club Pertahankan Pengunjung Setianya

Jababeka Golf & Country Club Industriamagz. Foto: IndustriaMagz

CIKARANG, INDUSTRIAMAGZ – Meski daerah Bekasi sedang macet-macetnya karena pembangunan jalur transportasi, tingkat kunjungan Jababeka Golf & Country Club milik PT Padang Golf Cikarang tetap stabil di angka 4.500 kunjungan per bulan. Angka ini sama dengan tingkat kunjungan per bulan di tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini, tingkat kunjungan Jababeka Golf & Country Club berada di ranking 5 seluruh Indonesia, yang sebelumnya berada di ranking 7. “Tingkat kemacetan sebenarnya sangat berpengaruh bila macet banget. Tapi strategi marketing kami adalah dengan menarik golfer dari arah Karawang, Purwakarta, Bandung, Garut, dan Cirebon,” ujar General Manager PT Padang Golf Cikarang Mamin Kasdiamah saat dihubungi KONTAN, Minggu (20/8).

Mamin menjelaskan, kunjungan terbanyak ada di akhir minggu dan hari libur nasional. Saking ramainya, pengunjung harus melakukan booking sebulan hingga dua bulan sebelum hari kunjungannya. Jababeka Golf & Country Club membatasi kunjungan sebanyak 40 sampai 45 grup per hari di akhir pekan dan libur nasional.

Sedangkan di hari biasa, Jababeka Golf & Country Club tidak membatasi kunjungan. Pengunjung tidak harus booking jauh-jauh hari karena kunjungan di hari biasa tidak sebanyak di akhir pekan dan libur nasional.

Untuk pengunjung non member, golf fee yang dibanderol pada hari biasa sebesar Rp 715.000 per orang. Pada akhir minggu dan libur nasional, golf fee pagi Rp 2 juta per orang dan siang Rp 1,5 juta per orang.

Untuk mendaftar sebagai member, Mamin menjelaskan ada tiga jenis member dan harga pendaftarannya, yaitu individual membership sebesar Rp 150 juta (di atas 21 tahun), corporate membership Rp 220 juta (3 orang dalam perusahaan yang sama), dan family membership sebesar Rp 185 juta (2 orng tua dan 2 anak di bawah 21 tahun). Masa berlaku member ini selamanya. Dengan menjadi member, pengunjung hanya membayar golf fee Rp 300.000 per orang baik di hari biasa, akhir pekan, maupun hari libur nasional.

Tingkat kunjungan juga didukung oleh turnamen yang diadakan. Setiap bulannya, Jababeka Golf & Country Club mengadakan turnamen golf sebanyak tiga turnamen. Salah satunya adalah Senior Golf Tournament.

Turnamen ini dilaksanakan di minggu kedua tiap bulan. Selain itu, ada juga turnamen tematik per bulan. Contohnya pada tanggal 31 Agustus 2017 mendatang akan ada Merdeka Tournament. Pihaknya juga melayani permintaan pengunjung yang ingin membuat acara di Jababeka Golf & Country Club.

Dengan tingkat kunjungan yang stabil ini, Jababeka Golf & Country Club terus melakukan perawatan dan pemeliharaan lapangan golfnya. Mamin menceritakan bahwa tiap bulannya Jababeka Golf & Country Club mengeluarkan Rp500 juta hanya untuk perawatan lapangan saja. “Perawatan ini termasuk perawatan rumput, membeli pasir, mesin-mesin, pemupukkan tanaman, dan lainnya,” jelas Mamin.

Meski golf termasuk olahraga yang cukup mahal, salah satu strategi Jababeka Golf & Country Club untuk mempertahankan pengunjung setianya adalah bekerja sama dengan PORDA Bekasi sejak tahun 2014. Ini untuk mendukung pemain junior golf di Bekasi supaya nantinya para pemain tersebut akan sering bermain di Jababeka Golf & Country Club dan menjadikannya sebagai homebase mereka hingga mereka tua nanti.

Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan Komunitas Golf Cikarang (KGC). “Kami juga kerjasama dengan KGC sebanyak 60-100 orang. Kami sangat me-maintain mereka karena member KGC notabene banyak bermain di weekdays,” jelas Mamin.

Jababeka Golf & Country Club memiliki luas lahan golf 72 hektare dan 18 international holes. Hingga akhir tahun 2017, Dengan tingkat kunjungan yang stabil ini, Jababeka Golf & Country Club terus melakukan perawatan dan pemeliharaan lapangan golfnya. Mamin menceritakan bahwa tiap bulannya Jababeka Golf & Country Club mengeluarkan Rp 500 juta hanya untuk perawatan lapangan saja. “Perawatan ini termasuk perawatan rumput, membeli pasir, mesin-mesin, pemupukkan tanaman, dan lainnya,” jelas Mamin.

Hingga akhir tahun nanti, Jababeka Golf & Country Club menargetkan pendapatan sebesar Rp 60 miliar. Kontribusi terbesar berasal dari pendaftaran member jenis corporate membership, kedua dari tiket masuk akhir pekan dan libur nasional, dilanjutkan dengan turnamen dan sebagainya.

 

Kontan

Top