Location
Home > Sektor > Teknologi > Generasi Millenial Boros di 4 Pos Pengeluaran Ini

Generasi Millenial Boros di 4 Pos Pengeluaran Ini

JAKARTA, INDUSTRIAMAGZ – Sejumlah penelitian telah dilakukan guna menelisik perilaku generasi muda berusia 18-36 tahun atau millennial. Terakhir, riset lembaga Princeton Survey Research Associates International menyatakan bahwa millennial lebih suka menghabiskan duit mereka untuk empat pos. Yakni berbelanja, membeli penganan di restoran, serta tagihan gas dan telepon seluler. Pengeluaran untuk keempat pos itu bahkan lebih banyak dibanding generasi yang lebih tua.

Seorang analis asal Australia, Robin Saks Frankel, membenarkan hal itu. Ia mengaku tak heran bila pola konsumsi generasi muda saat ini mengerucut pada perdebatan soal “rumah dan kue alpukat”: sementara orang dewasa lebih suka berinvestasi membeli rumah, millenial justru lebih senang menghabiskan uangnya untuk membeli kudapan. Frankel menjelaskan, kebanyakan millennial menghabiskan US$ 2300 lebih tinggi dibanding orang dewasa berusia 37 tahun ke atas. “Itu uang untuk empat pos utama millenials,” ujarnya kepada MONEY.

Namun untuk urusan wisata dan televisi, pengeluaran millennial justru lebih rendah. Pengeluaran televisi maksudnya kebutuhan TV kabel, satelit, serta streaming internet. Frankel yang seorang analis kartu kredit di Bankrate.com menyebutkan, untuk dua pos ini pengeluaran orang dewasa justru lebih tinggi US$ 1130 dibanding millenial.

“Fakta bahwa pengeluaran millenial untuk berwisata lebih kecil dibanding orang dewasa itu mengejutkan,” kata Frankel, mengomentari hasil survei yang dilakukan terhadap 1002 responden di Amerika Serikat. Sedangkan pengeluaran untuk televisi tak besar, karena millenial tak punya cukup waktu untuk menonton tayangan.

Penelitian soal pola belanja millenial dinilai Frankel penting untuk menentukan cara generasi muda itu berkeluarga nantinya. Bankrate.com sendiri mendeskripsikannya dengan unik: keluarga yang terdiri atas ibu pesepak bola dan seorang bapak suburban. Keluarga masa depan itulah yang nantinya bakal berhadapan dengan tagihan gas dan belanjaan yang menggunung.

Tentu saja semua itu bisa berubah. Frankel menduga, ketika nantinya menikah dan berkeluarga, millenial bukan tak mungkin akan mengubah pola belanjanya. Namun untuk saat ini, millenial masihlah “kelompok yang tak segan menghabiskan uangnya untuk punya pengalaman mencicipi kue alpukat”.

TRIVIA | TIME

Baca juga:
Daya Beli Konsumen Lemah, Presiden Diminta Turun Tangan

Top