Location
Home > Sektor > Energi > Sampoerna Resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Sampoerna Resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya

JAKARTA, INDUSTRIAMAGZ  – PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) membuat kemajuan besar dalam berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan, salah satunya adalah dengan memanfaatkan potensi tenaga surya.

“Sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, Sampoerna mempunyai komitmen besar dalam mengembangkan bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Komitmen ini mencakup pengurangan emisi karbon, pemanfaatan energi alternatif dan efisiensi energi,” ujar President Director Sampoerna Mindaugas Trumpaitis, melalui siaran pers (10/7).

Menurutnya, sejak tahun 2016, Sampoerna telah mulai mengembangkan sumber energi ramah lingkungan di fasilitasnya. Salah satu proyeknya adalah Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya di pabrik  Karawang, Jawa Barat dan Kantor Pusat Perusahaan di Surabaya, Jawa Timur.

Adapun sumber energi ramah lingkungan ini dilengkapi dengan sistem tipe on-grid. Sistem pembangkit listrik tenaga surya on-ground di Karawang dibangun untuk secara langsung memasok listrik ke lini produksi sigaret kretek mesin.

Dengan kapasitas 449 KWp, sistem ini dapat menghasilkan listrik sebesar 609 MWH per tahun. Selain itu, panel surya atap di Surabaya menghasilkan listrik yang disalurkan ke kantor dan fasilitas produksi sigaret kretek tangan berkapasitas 63 KWp yang menghasilkan listrik sebesar 93 MWH per tahun.

“Perpaduan kedua sistem tersebut akan mengurangi emisi karbon Sampoerna sebesar 603.479 kg per tahun,” Mindaugas.

Proyek ini diresmikan pada bulan April 2017 yang akan disiapkan untuk pasokan jangka panjang hingga lebih dari 20 tahun ke depan.

“Peresmian fasilitas panel surya kami di Karawang dan Surabaya merupakan terobosan untuk pengembangan energi terbarukan di sektor swasta. Inisiatif ini sangat penting dalam mendorong penerapan teknologi berkelanjutan baru dan upaya pendukung untuk mengurangi emisi CO2 yang menghasilkan udara yang lebih bersih bagi kita dan untuk Indonesia” ungkap Trumpaitis.

“Sejak beberapa tahun yang lalu, Philip Morris Indonesia (PMI) telah berinvestasi dalam jumlah besar untuk program penghematan energi dengan meningkatkan sistem utilitas, pencahayaan dan pemulihan panas, serta mode tidur diam untuk mesin, dan meningkatkan kesadaran karyawan terhadap program penghematan energi. Semua ini dilakukan di lokasi tempat PMI dan Sampoerna beroperasi,” pungkas Trumpaitis.

PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna), didirikan pada tahun 1913. Sampoerna – yang merupakan afiliasi PT Philip Morris Indonesia dan bagian dari Philip Morris International Inc. – adalah perusahaan tembakau terkemuka di Indonesia, dengan kegiatan utama berfokus pada produksi dan penjualan rokok kretek.

Top