Location
Home > Event > Bekraf Developer Day Dorong Industri Digital

Bekraf Developer Day Dorong Industri Digital

CIKARANG, INDUSTRIAMAGZ – Kualitas konten digital buatan lokal terus berkembang seiring kian banyaknya anak muda yang merambah industri ini. Sejumlah developer dan penemu konten digital tanah air bahkan sudah mendapat apresiasi dari dunia internasional.

Salah satunya Arief Widhiyasa, pencipta game Tahu Bulat produksi Own Games. Arief dinobatkan sebagai game paling populer di pasar Indonesia 2016 versi Google Play Store, serta ditahbiskan sebagai salah satu founder muda di bidang teknologi paling berpengaruh di Asia versi Forbes pada tahun lalu.

Latar belakang itulah yang mendorong Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mengadakan Bekraf Developer Day (BDD) di Palembang, kemarin. Sebelumnya Bekraf juga sudah menggelar perhelatan yang sama di Solo, Makassar, dan kota besar lainnya di Indonesia.

“Kami berharap BDD menjadi ajang interaksi antara praktisi industri digital yang sudah sangat berpengalaman, dengan developer pemula,” kata Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari.

Menurut Heri, BDD bisa menstimulasi dan memberi pendampingan bagi developer muda untuk mengembangkan ide-idenya. Dengan demikian, akan lahir banyak tenaga kerja yang sesuai kebutuhan industri, serta semakin bertambahnya produk-produk ekonomi kreatif digital.

Karena itu dalam BDD, Bekraf menyediakan sesi khusus seputar peluang menghadapi potensi bisnis cyber security yang diprediksikan mencapai US$ 75 miliar pada 2020 di seluruh dunia. Peluang itu diharapkan pemerintah bisa ditangkap anak muda Indonesia, mengingat jumlah developer lokal kian banyak dan kreatif.

“Yang menarik, perkembangan teknologi di digital banyak mengambil konsep dari kearifan lokal. Nah, konsep inilah yang jarang dimiliki oleh industri digital negara lainnya,’’ ujar Heri.

TRIVIA

Top